Kelompok Pemuda Tani Sinom Barokah Cindaga UMKM Berbasis Pertanian Modern - Pemerintah Desa Cindaga

Kelompok Pemuda Tani Sinom Barokah Cindaga UMKM Berbasis Pertanian Modern

 

Kelompok Pemuda Tani Sinom Barokah


Alhamdulillah, dengan mengucap puji syukur ke hadirat Allah SWT, pada hari rabu tanggal 30 september 2020, pukul 13.00 WIB bertempat di rumah Ketua RT 03 RW 05, telah selesai dilaksanakan acara Penetapan Kelompok Pemuda Tani "Sinom Barokah" oleh Ibu Kepala Desa Cindaga.

Dalam kegiatan penetapan Kelompok Pemuda Tani " Sinom Barokah " tersebut dihadiri oleh Bapak Camat Kebasen, Mantri Tani, PPL Pertanian Kebasen, Ketua Gapoktan, Kadus I, Ketua RW dan RT setempat beserta para tamu undangan.

Kepala Desa Cindaga

Bapak Tanto selaku Ketua Kelompok Pemuda Tani mendapat kesempatan pertama untuk memberikan kata sambutan sekaligus pembukaan, kemudian di lanjutkan kata sambutan dari Kepala Desa Cindaga, sambutan PPL kecamatan dan yang terakhir adalah kata sambutan dari bapak Camat Kebasen.

Setelah sesi sambutan selesai para hadirin diajak panitia untuk beristirahat sembari makan siang bersama dengan olahan hasil kebun sendiri, ada peristiwa menarik saat session makan bersama yaitu Pak Camat sampai nambah makannya karena begitu sehat dan lezatnya makanan bernuansa sayuran segar tersebut, hal ini membuktikan bahwa sayuran hasil panennya memang berkualitas.

Camat Kebasen


Begitu acara makan bersama selesai panitia dan rombongan undangan berjalan kaki melanjutkan kunjungan ke lapangan sekaligus berinteraksi dengan para pengurus dan anggota kelompok Pemuda Tani Sinom Barokah.

Acara Penetapan Kelompok Pemuda Tani Sinom Barokah akhirnya selesai dengan sukses dengan meninggalkan kesan yang sangat membanggakan bagi semua pihak yang hadir. 

Menurut para pengurusnya, nantinya Kelompok Pemuda Tani Sinom Barokah ingin memberdayakan para pemuda dilingkungannya untuk belajar bagaimana berbisnis dengan mengelola usaha dibidang pertanian. 

Tak heran, penulis yang juga menjabat sebagai Kepala Divisi Promosi dan Pemasaran ASPIKMAS beberapa waktu lalu diundang ke markasnya, membicarakan peluang kerjasama dengan para pelaku UMKM di kebasen lewat wadah Asosiasi Pengusaha Mikro Kecil Menengah Banyumas.

Tentu saja, keinginan dan niat baik tersebut langsung diapresiasi oleh penulis, dengan memasukkan beberapa pengurusnya ke dalam grup whatsapp ASPIKMAS Kebasen, dengan harapan nanti mereka bisa bersinergi dengan sahabat umkm kebasen lainnya.

Untuk saat ini, hasil pertanian dari kelompok pemuda tani Sinom Barokah antara lain aneka sayuran organik dan hidroponik seperti selada, pakcoy serta kailan. Selain itu ada juga aneka bibit sayuran seperti cabai, terong dan lain-lain. dan tak ketinggalan pula budidaya ikan hias seperti ikan koi, ikan mas koki serta jenis lainnya.

UMKM Cindaga

Semoga dengan terbentuknya Kelompok Pemuda  Tani Sinom Barokah ini, menjadi tonggak baru dalam pemberdayaan ekonomi para pemuda desa, seperti yang kita ketahui bersama saat ini mayoritas pemuda desa mencari pekerjaan di kota-kota besar di Indonesia,  sehingga dengan adanya kegiatan ekonomi berbasis pertanian ini diharapkan mampu mengubah mindset mereka menjadi para pelaku umkm handal dibidang pertanian.

Salam Mbangun Ndesa, Cindaga Luar Biasa !

Ingin selalu mengikuti info desa ?

Masukan alamat email anda untuk berlangganan berita

Terima Kasih atas kunjungan anda ke website pemerintah desa cindaga. Dukungan dan partisipasi aktif anda sangat kami perlukan untuk meningkatkan kualitas layanan kami. Jangan lupa follow and subscribe ya...