Mari Kita Sukseskan Program PTSL Di Desa Cindaga - Pemerintah Desa Cindaga

Mari Kita Sukseskan Program PTSL Di Desa Cindaga

PTSL Tahun 2020 Desa Cindaga

PTSL 

Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL) adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu

Latar Belakang Terbitnya PTSL

Banyaknya kasus sengketa tanah dan sengketa lahan yang seringkali terjadi di Indonesia, merupakan salah satu mengapa perlu adanya PTSL. Hal ini sebenarnya tidak mengherankan, karena banyak sekali tanah yang tidak didaftarkan pada badan pertanahan setempat. Dengan kata lain, tanah-tanah warga masih banyak yang belum memiliki surat atau sertifikat kepemilikan yang sah.
Masalah yang kerap terjadi salah satunya pengklaiman tanah oleh pihak lain karena sang pemilik asli tidak memiliki surat-surat yang lengkap.

Dasar Hukum PTSL

Menanggapi masalah tersebut, Pemerintah pada akhirnya membuat program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap). PTSL telah diatur dalam Instruksi Presiden (Inpres) No. 2 Tahun 2018.

Program PTSL ini telah berjalan sejak tahun 2018 dan direncanakan akan berlangsung hingga tahun 2025. Nah, buat warga cindaga yang belum mempunyai sertifikat tanah, sudah tentu tidak ingin melewatkan kesempatan ini bukan, oleh karena itu seyogyanya masyarakat cindaga di himbau untuk segera mendaftarkan diri ke panitia PTSL atau langsung saja datang ke balai desa cindaga.

Program Sertifikat Tanah Massal Di Desa Cindaga

Perlu diketahui bahwa desa cindaga sebelumnya pernah mendapatkan program sertifikat tanah massal yang pada waktu itu disebut dengan istilah PRONA. Berikut adalah data bidang tanah yang sudah pernah menerima program sertifikat tanah massal dan program PTSL 2019, yaitu :
1. Tahun 2014 PRONA tercapai target 200 bidang
2. Tahun 2015 PRONA tercapai target 500 bidang
3. Tahun 2019 PTSL tercapai target 860 bidang
4. Tahun 2020 PTSL ditargetkan 2600 bidang

Syarat Pengajuan PTSL bagi warga cindaga

1. Fotocopy KTP
2. Fotokopi KK
3. Fotocopy SPPT
4. Surat Jual Beli/ Hibah/Waris

Biaya Pendaftaran PTSL Di Banyumas

Berdasarkan Peraturan Bupati  Banyumas No.36 Tahun 2019, biaya pembuatan sertifikat tanah lewat program PTSL ditentukan sebesar Rp.250.000,-
Adapun misalnya nanti ada biaya tambahan dari pemohon sebenarnya karena dalam pelaksanaanya pemohon harus membeli materai sendiri, sampul atau blangko, dll.

Bagaimana Teknis Pelaksanaan PTSL Di Desa Cindaga ?

Sebenarnya secara umum teknis pelaksanaan program PTSL di seluruh indonesia sama, namun memang dalam realisasi di lapangan bisa saja berbeda dengan desa lainnya, sebagai contoh khusus untuk desa cindaga teknis pengukuran tanah betul-betul dilakukan secara teliti dengan melibatkan RT/RW dan Kepala Dusun selain tentu saja dengan pihak BPN.

Langkah pertama para Kadus dibantu RT/RW mengecek tanah warga yang sudah mendaftar lalu dipasang patok, baru setelah itu dilakukan pengukuran ulang dengan pihak BPN dan Kadus. Jadi secara faktual bisa dikatakan datanya sangat valid karena panitia bukan cuma pasang patok saja, tapi betul-betul dicek luasnya sehingga dikemudian hari tidak terjadi kesalahan ukur.

Manfaat Sertifikat Tanah Bagi Pemilik Tanah

Seperti yang dikatakan oleh pihak BPN Banyumas sewaktu acara sosialisasi PTSL 2020, bahwa dengan adanya program PTSL ini maka warga masyarakat cindaga bisa mendapatkan sertifikat tanah dengan biaya yang sangat terjangkau, bayangkan kalau urus sertifikat tanah sendiri pasti biayanya lebih mahal. Menurut Bapak Widi selaku Panitia PTSL yang menjadi Ketua Tim 4 PTSL 2020 di desa cindaga, ada beberapa manfaat dengan memiliki sertifikat tanah, antara lain :
1. Sebagai bukti sah secara hukum atas kepemilikan tanah yang dilindungi oleh UU
2. Dengan sertifikat tanah yang diperoleh lewat PTSL ini maka secara tidak langsung akan menaikkan nilai jual tanah tersebut
3. Dengan memiliki sertifikat tanah maka ketika pemilik tanah ingin mengajukan kredit usaha atau untuk kegiatan produktif lainnya maka pihak bank kemungkinan besar akan menyetujui pengajuan kredit/pinjaman

Nah, kira-kira itu yang bisa admin sampaikan, semoga dengan informasi tentang program PTSL ini warga cindaga tergerak untuk turut mensukseskan serta menggunakan kesempatan emas ini sebaik-baiknya, karena belum tentu tahun depan desa cindaga masih mendapatkan jatah PTSL.

Untuk informasi selengkapnya, silahkan datang ke balai desa cindaga barngkali ada yang perlu ditanyakan mengenai permasalahan seputar PTSL ini.

Semoga bermanfaat...
Salam Mbangun Desa !!!


Tonton juga video lengkap sosialisasi PTSL Desa Cindaga Tahun 2020




Ingin selalu mengikuti info desa ?

Masukan alamat email anda untuk berlangganan berita

Terima Kasih atas kunjungan anda ke website pemerintah desa cindaga. Dukungan dan partisipasi aktif anda sangat kami perlukan untuk meningkatkan kualitas layanan kami. Jangan lupa follow and subscribe ya...